JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 8, No 4 (2024): Agustus

PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI LEMBAR KERJA KOMIK BERBASIS STEAM

Viviana Murni (Teknik Sipil, Unika Santu Paulus Ruteng)
Florentinus Armando (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unika Santu Paulus Ruteng)
Yakobus Frediki Harjo (Pendidikan Matematika, Unika Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Abstrak: Marang merupakan salah satu kampung yang ada di desa Tango Molas, Kecamatan Lamb Leda Timur, KabupatenManggarai Timur. Salah satu permasalahan yang terjadi di kampung ini, yaitu kemampuan literasi dan numerasi siswa masih tergolong rendah. Dengan demikian, tim menawarkan lembar kerja komik berbasis Science, Technology, Engineering, Art, dan Math (STEAM) untuk meningkatkan kemampuanliterasi dan numerasi sepuluh (10) siswa. Kegiatan ini merupakan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu observasi dan wawancara, perencanaan, pendampingan, dan evaluasi. Sebagai bentuk monitoring dan evaluasi, kegiatan ini memberikan pre-test dan post-test dengan menggunakan soal uraian sebanyak 5 (lima) nomor untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi. Kegiatan ini juga melakukan penyebaran angket melalui 15 (lima belas) pernyataan untuk mengetahui kualitas pelaksanaan pendampingan. Kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pre-test mahasiswa yaitu kategori sangat kurang (22,00) dan hasil post-test mendapat kategori baik (82,50). Kualitas pelaksanaan kegiatan juga sangat baik karena memiliki rata-rata 4,765.Abstract: Marang is one of the villages in East Manggarai Regency. One of the problems that occurs in this village is that students' literacy and numeracy skills are still relatively low. Thus, the team offered comic worksheets based on Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics (STEAM) to improve the literacy and numeracy skills of ten (10) students. This activity is a mentoring activity, which is carried out through several stages, namely observation and interviews, planning, mentoring and evaluation. As a form of monitoring and evaluation, this activity provides a pre-test and post-test using 5 (five) numbered essay questions to measure literacy and numeracy skills. This activity also distributed questionnaires using 15 (fifteen) statements to determine the quality of mentoring implementation. This activity can help improve students' literacy and numeracy skills. This can be seen from the students' pre-test results, namely the very poor category (22.00) and the post-test results were in the good category (82.50). The quality of activity implementation is also very good because it has an average of 4.765.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...