JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri)
Vol 7, No 6 (2023): Desember

PENGUATAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG BULLYING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN GENERASI UNGGUL DAN ISLAMI

Inta Susanti (Departement Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Siti Sholikhah (Departement Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Masunatul Ubudiyah (Departement Keperawatan Komunitas Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Inge Afnisa Cristianti (Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Juaneta Ilma Ramadhia Mafaza (Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)
Nova Indah Permatasari (Mahasiswa Program Studi Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Lamongan)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Abstrak: Bullying merupakan masalah global yang sedang dihadapi oleh jutaan remaja di berbagai negara, dengan prevalensi lokasi kejadian terbanyak di lingkungan sekolah. Tujuan dilakukan pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang bullying. Pengabdian masyarakat dilakukan di SMP N 5 Lamongan dengan melibatkan 30 siswa. Kegiatan dilakukan secara offline dengan menggunakan metode ceramah dan focus group discussion (FGD). Siswa diberikan pertest dan post test menggunakan kuesioner sebelum dan sesudah kegiatan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil meningkatkan 100% pengetahuan siswa tentang bullying serta memberikan dampak lebih aktif kepada siswa untuk berkomunikasi. Penguatan kapasitas siswa dan dukungan peer group dapat mencegah kejadian bullying pada remaja.Abstract: Bullying is a global problem that is being faced by millions of adolescents in various countries, with the prevalence of the location of the most incidents in the school environment. The purpose of community service is to increase students' knowledge about bullying. The community service was conducted at SMP N 5 Lamongan involving 30 students. Activities were carried out offline using lecture and focus group discussion (FGD) methods. Students were given a test and post test using a questionnaire before and after the activity. This community service activity succeeded in increasing 100% of students' knowledge about bullying and had an impact on students to be more active in communicating. Strengthening student capacity and peer group support can prevent bullying in adolescents.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmm

Publisher

Subject

Other

Description

JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) is a journal published by the Mathematics Education Departement of Education Faculty of Muhammadiyah University of Mataram. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) aims to disseminate the results of conceptual thinking and ideas, especially the results of educational research ...