Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI)
Vol. 6 No. 2 (2023): Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKOMSI)

Strategi Komunikasi Pemasaran Televisi Lokal JTV dalam Tahap Awal Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO)

Yulia Emidari (Universitas Dr Soetomo Surabaya)
Harliantara Harliantara (Universitas Dr Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Kebijakan analog switch off (ASO) sesuai amanat UU Cipta kerja dengan deadline pelaksanaan 2 November 2022 secara langsung mengubah lanskap persaingan bisnis pertelevisian di tanah air, terutama persaingan dalam perolehan iklan untuk televisi lokal yang keberadaanya dinaungi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002. Di Jawa Timur sendiri pada tahap awal pelaksanaan ASO terdapat 23 televisi, dengan rincian 17 diantaranya TV nasional berjaringan dan 6 merupakan televisi lokal pada greater Surabaya raya. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Komunikasi Pemasaran Televisi Lokal JTV, sebagai televisi lokal terbesar dan tertua di Indonesia dan di Jawa timur sendiri dalam Tahap Awal Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO), yang secara langsung berimbas pada penurunan jumlah pemirsa di JTV hingga 50 persen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix) 7P dan bauran promosi (promotion mix). Yang hasilnya televisi lokal memaksimalkan fungsi 13 akun media sosial dan multi platfomnya dalam strategi komunikasi pemasaranya dalam tahap awal pelaksanaan analog switch off (ASO).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikom

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JIKOMSI with the scopes and focus of the research areas that are: - Software Engineering,Information Systems - Hardware and Architecture, - Computer Science Applications, - Computer Networks and Communications, and - Artificial ...