Kebijakan analog switch off (ASO) sesuai amanat UU Cipta kerja dengan deadline pelaksanaan 2 November 2022 secara langsung mengubah lanskap persaingan bisnis pertelevisian di tanah air, terutama persaingan dalam perolehan iklan untuk televisi lokal yang keberadaanya dinaungi Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002. Di Jawa Timur sendiri pada tahap awal pelaksanaan ASO terdapat 23 televisi, dengan rincian 17 diantaranya TV nasional berjaringan dan 6 merupakan televisi lokal pada greater Surabaya raya. Hal ini membuat peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Komunikasi Pemasaran Televisi Lokal JTV, sebagai televisi lokal terbesar dan tertua di Indonesia dan di Jawa timur sendiri dalam Tahap Awal Pelaksanaan Analog Switch Off (ASO), yang secara langsung berimbas pada penurunan jumlah pemirsa di JTV hingga 50 persen. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan bauran komunikasi pemasaran (marketing mix) 7P dan bauran promosi (promotion mix). Yang hasilnya televisi lokal memaksimalkan fungsi 13 akun media sosial dan multi platfomnya dalam strategi komunikasi pemasaranya dalam tahap awal pelaksanaan analog switch off (ASO).
Copyrights © 2023