Banyaknya perguruan tinggi dalam satu daerah, menyebabkan persaingan ketat dalam mendapatkan mahasiswa baru. Berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki akan dikerahkan semaksimal mungkin. Sebagai Universitas Islam terbaik dunia versi uniRank tahun 2021, UMM harus mampu meningkatkan reputasinya. Reputasi adalah tujuan utama Humas dengan cara melakukan aktivitas komunikasi kepada publik eksternal. Strategi komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tradisi fenomenologis. Hasil penelitian ini, strategi komunikasi Humas UMM dimulai dengan riset audiens. Desentralisasi dan kolaborasi dengan publik internal dalam memproduksi pesan. Teknik strategi komunikasinya yaitu redundancy, canalizing media, pesan informatif, persuasif, edukatif dan dikemas secara storytelling. Humas UMM bertindak sebagai fasilitator. Strategi komunikasi Humas UMM cukup berhasil, indikatornya adalah peningkatan jumlah mahasiswa baru tahun 2022 dan kepercayaan dari pemerintah pusat untuk berkolaborasi dalam beberapa kegiatan. Namun, strategi komunikasi tersebut belum mampu menarik minat mahasiswa asing.
Copyrights © 2023