Aplikasi perbankan digital seperti Seabank, telah menjadi bagian dari kebutuhan kehidupan saat ini. Diluncurkan pada Februari 2021 oleh PT Bank Seabank Indonesia, dan meraih popularitas yang signifikan. Penggunaan aplikasi ini menghasilkan sejumlah besar ulasan yang mencerminkan sentimen pengguna terkait dengan kinerja, layanan dan keamanan aplikasi. Memahami sentimen positif, netral, dan negatif dari ulasan pengguna. Seabank memungkinkan untuk mendapatkan wawasan tentang tingkat kepuasan pelanggan, kelemahan aplikasi, dan area perbaikan yang diperlukan. Untuk itu penting dilakukan analisis data dan klasifkikasi ulasan pengguna. Penelitian ini bertujuan mengetahui kinerja dua algoritma klasifikasi, yaitu Support Vector Machine (SVM) dan Naïve Bayes, dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 3789 data, pembagian rasio 80% training dan 20% testing. Hasil pelabelan menunjukkan adanya 438 sentimen positif, 1379 sentimen netral, dan 77 sentimen negatif. Sedangkan hasil pelabelan oleh ahli bahasa menunjukkan jumlah 1100 sentimen positif, 308 sentimen netral, dan 486 sentimen negatif. Hasil pengujian akurasi menggunakan confusion matrix menunjukkan bahwa algoritma Support Vector Machine memiliki nilai akurasi tertinggi sebesar 63%, sedangkan algoritma Gaussian Naïve Bayes memiliki nilai terendah sebesar 30%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model SVM lebih efektif dalam mengklasifikasikan sentimen ulasan pengguna aplikasi Seabank daripada model Naïve Bayes.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024