Semakin pesatnya kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Pemanfaatan teknologi informasi di bidang pendidikan menghasilkan tenaga kerja yang bertalenta. Salah satunya yaitu keterampilan berbahasa Inggris yang diperlukan agar SDM dapat bersaing secara global dalam bidang pendidikan. Seiring dengan keadaan yang demikian, ITTP menganggap penting kemampuan bahasa inggris mahasiswanya. Hal ini dilakukan dengan cara mewajibkan seluruh mahasiswa melakukan tes TOEFL melalui website ECT. Website English Competency Test (ECT) ITTP merupakan sebuah platform daring yang dikembangkan dan dioperasikan oleh Pusat Bahasa ITTP untuk mengukur kemampuan bahasa asing sesorang. Hasil penyebaran kuesioner pra-penelitian kepada mahasiswa ITTP yang pernah mengakses atau menggunakan website didapatkan beberapa permasalahan berdasarkan keluhan pengguna yaitu tampilan website ECT yang dirasa masih kurang menarik dan sulit dipahami, informasi yang kurang lengkap mengenai petunjuk penggunaan website, dan masalah dengan server yang sering terjadi down. Karena masalah ini berdampak pada kepuasan pengguna, penting untuk melakukan evaluasi kualitas website ECT. Berdasarkan latar belakang diatas penelitian ini akan berfokus pada evaluasi dan pengukuran kualitas website menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil evaluasi terhadap kualitas ECT dengan menggunakan kedua metode tersebut menunjukkan hasil analisis tingkat kesesuaian 93,67% tidak mencapai 100%, hal ini mengindikasikan bahwa layanan tersebut belum sepenuhnya memuaskan harapan penggunan Hasil rata-rata GAP untuk semua indikator -0,23 atau nilai GAP < 0 hal ini menunjukkan bahwa belum memenuhi harapan pengguna. Berdasarkan hasil diagram kartesius IPA menunjukan perlu adanya peningkatan kualitas atau perbaikan pada kudaran I yaitu indikator “CON4, FOR2, EOU1, EOU2” dan kuadran III “CON3, ACC3, FOR1, TIM2”.
Copyrights © 2024