Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam
Vol 10, No 1 (2024): JIEI : Vol.10, No.1, 2024

Pengaruh Attitude, Subjektive Norms Dan Perceived Behavior Control Terhadap Minat Masyarakat Dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Bank Syariah

Asnuri, Lisa (Unknown)
Asyari, Asyari (Unknown)
Sholihin, Anwar (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2024

Abstract

Theory Planned Behavior (TPB) menjelaskan bahwa sikap terhadap perilaku merupakan pokok penting yang sanggup memperkirakan suatu perbuatan, meskipun demikian perlu dipertimbangkan sikap seseorang dalam menguji norma subjektif serta mengukur kontrol perilaku persepsian orang tersebut. Bila ada sikap yang positif, dukungan dari orang sekitar serta adanya persepsi kemudahan karena tidak ada hambatan untuk berperilaku maka niat seseorang untuk berperilaku akan semakin tinggi. Bank Syariah berperan penting sebagai fasilitator pada seluruh aktivitas ekonomi dalam ekosistem industri halal, yang mana perbankan Syariah di Indonesia sendiri telah mengalami peningkatan dan pengembangan yang signifikan dalam Inovasi produk, peningkatan layanan, serta pengembangan jaringan. Selanjutnya niat memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tindakan individu dalam menghindari pendapatan bunga atau bunga bank bentuk lainnya. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan di atas dan penelitian sebelumnya, maka penulis mengambil judul penelitian dengan Pengaruh Attitude, Subjektive Norms dan Perceived Behavior Control terhadap Minat Masyarakat dalam Menggunakan Jasa Pembiayaan Murabahah Bank Syariah Indonesia Cabang Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian mendukung hipotesis pertama bahwa variabel Attitude berpengaruh signifikan terhadap Minat Masyarakat di Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Variabel Attitude berpengaruh tehadap hasil karena nilai thitung> ttabel atau 11,127> 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 ttabel atau 6,985 > 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000 ttabel atau 8,632 > 1,660 dan nilai signifikan yang dihasilkan 0,000

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jei

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam diterbitkan 3 (tiga) kali setahun (Maret, Juli dan November) oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat STIE AAS ...