UMKM memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi setiap bangsa. UMKM juga memiliki potensi pasar yang sangat besar, khususnya pada industri halal di Indonesia. Namun di era modern ini, semua aktivitas kehidupan, termasuk aktivitas UMKM di industri halal, perlu bersaing melalui digital marketing. Sehingga dirasa perlu adanya analisis kondisi dan potensi agar pelaku UMKM dapat segera melihat perlunya upaya yang harus dilakukan ke depan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis potensi digital marketing UMKM industri halal dengan menggunakan metode SWOT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data penelitian kepustakaan. Hasil kajian menemukan bahwa UMKM industri halal memiliki potensi besar dengan berbagai kekuatan dan peluang serta memiliki kelemahan dan ancaman yang harus dimitigasi. Meskipun telah banyak kebijakan dan program yang telah dikeluarkan pemerintah dalam rangka memberikan dukungan kepada pelaku usaha UMKM, namun pemanfaatannya perlu dilakukan secara optimal. Batasan penelitian ini adalah berfokus pada analisa UMKM Industri halal di indonesia secara fenomenologis dang dibedah menggunakan pisau analisis SWOT.
Copyrights © 2024