Perniagaan elektronik atau yang biasa dikenal dengan e-commerce merupakan semua bentuk transaksi perdagangan barang ataupun jasa menggunakan media perantara internet (Tashia, 2017). Maraknya penggunaan internet dikalangan kaum muda, yaitu mahasiswa membuat penting untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat beli mahasiswa Indonesia untuk bertranskasi atau berbelanja di e-commerce. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce. Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas kuantitatif menggunakan data primer, yaitu kuesioner. Didapatkan 107 responden yang menunjukkan bahwa secara parsial, variabel persepsi privasi dan online customer review berpengaruh terhadap minat beli, namun variabel persepsi performance risk tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli. Secara simultan, persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review berpengaruh terhadap minat beli mahasiswa di e-commerce. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, meningkatkan pemahaman, dan sebagai bahan pertimbangan pemilik e-commerce untuk memerhatikan pengaruh persepsi privasi, persepsi performance risk, dan online customer review terhadap minat beli di e-commerce terutama di kalangan mahasiswa. Serta diharapkan dapat menjadi bahan studi untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan.
Copyrights © 2023