Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berpikir kritis matematis dan kemandirian belajar siswa yang masih rendah dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan pencapaian kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri berbantuan aplikasi microsoft math solver dengan siswa yang memperoleh pembelajaran model konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design serta menggunakan teknik sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 11 Cirebon Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini melibatkan 36 siswa kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan 38 siswa kelas VII A sebagai kelas kontrol. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri berbantuan aplikasi microsoft math solver lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model konvensional serta hasil capaian kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model inkuiri berbantuan aplikasi microsoft math solver lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model konvensional.
Copyrights © 2024