Penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran penerapan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan) dalam meningkkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa sekolah dasar. Studi kepustakaan merupakan suatu studi yang digunakan untuk mengumpulkan informasi atau data dengan mengkaji atau menganalisis berbagai macam bentuk materi yang diambil dari berbagai sumber seperti dokumen, buku, majalah, artikel, kisah-kisah sejarah dan sebagainya. Sumber yang menjadi bahan kajian dalam penelitian ini adalah jurnal, buku, perpustakaan, laporan tugas akhir, dan prosiding seminar. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 20 Juni sampai dengan tanggal 16 Juli 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis beberapa artikel dari suatu jurnal, buku, tugas akhir mahasiswa, dan prosiding hasil seminar yang relevan dengan judul penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan PAIKEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA, guru menerapkan PAIKEM sebagai model, sebagai pendekatan dan sebagai strategi. Dalam menerapkan PAIKEM untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa, guru selalu menerapkan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Pembelajaran Aktif adalah proses pembelajaran yang membuat siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran IPA. Pembelajaran inovatif adalah proses pembelajaran dimana guru selalu berinovasi. Pembelajaran kreatif adalah yang membuat kreasi-kreasi berkaitan materi IPA. Pembelajaran efektif adalah proses pembelajaran yang menekankan adanya strategi pengorganisasian pembelajaran IPA, strategi penyampaian materi IPA, dan strategi pengelolaan pembelajaran IPA. Pembelajaran menyenangkan adalah proses pembelajaran tanpa rasa bosan dan rasa lelah. Hasil Belajar IPA yang diajar dengan PAIKEM selalu mengalami peningkatan atau berbeda secara signifikan dengan hasil belajar IPA dari siswa yang tidak diajar dengan PAIKEM.
Copyrights © 2024