Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi siswa kelas VII- B SMP Negeri 1 Pacitan melalui penerapan model Amati, Petakan, Informasikan, Kembangkan, Presentasikan dan Peduli Lingkungan (APIK PLUS-PLUS).  Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Subjek penelitian adalah siswa Kelas VII-B  SMP Negeri 1 Pacitan yang berjumlah 32 siswa. Pembelajaran menggunakan model APIK PLUS-PLUS.Teknik pengumpulandata menggunakan lembar kerja siswa,  format observasi, rubrik penilaian, angket dan catatan lapangan. Proses dan hasil belajar siswa dianalisis dengan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses dan hasil belajar serta sikap peduli  lingkungan siswa meningkat melalui penerapan Model Pembelajaran APIK PLUS-PLUS. Berdasarkan penilaian catatan hasil kegiatan siklus I, terdapat 10 siswa (31%) yang mendapat nilai di bawah 75 ( belum tuntas) dan 22 siswa (69%) yang mendapat nilai 75 atau lebih (tuntas) Selanjutnya, hasil penilaian  dalam presentasi s terdapat 12 siswa (37%) yang mendapat nilai di bawah 75 (belum tuntas) dan 20 siswa (63%) yang mendapat nilai 75 atau lebih (tuntas). Hasil penelaian siklus II mempresentasikan menunjukkan bahwa 4 siswa (12%) mendapat nilai di bawah 75 (belum tuntas) dan 28 siswa (88%) yang mendapat nilai 75 atau belum tuntas. Oleh karena lebih 85% siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) 75 pada tindakan kedua siklus II ini, baik kemampuan menyusun teks laporan hasil observasi (91%) maupun kemampuan mempresentasikan hasil (88%), hal itu berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai. Kata Kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, Model APIK PLUS-PLUS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014