Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis
Vol. 12 No. 2 (2024): Agustus

PERAN LINGKUNGAN DALAM NIAI ADOPSI AI PADA BISNIS RITEL (PERSPEKTIF BERBAGAI TEORI)

Mulyanto, Dody (Unknown)
Hwihanus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis faktor-faktor nilai adopsi Artificial Intelligence (AI) dan peran lingkungan dalam faktor-faktor niat adopsi AI dengan pendekatan berbagai teori. Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan adopsi AI urgensi bagi bisnis ritel untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan 135 pelaku bisnis ritel yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 5 poin dan dianalisis menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Useful, Effort Expectacy dan Environment mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Intention to Adopt AI, sedangkan Perceived Easy of Use, Performance Expectacy tidak berpengaruh signifikan terhadap Intention to Adopt AI. Environment memoderasi pengaruh pengaruh Perceived Usefull terhadap Intention to Adopt AI, tetapi tidak memoderasi pengaruh Perceived Easy to Use, Performance Expectacy dan Effort Expectacy terhadap Intention to Adopt AI. Penelitian ini hanya menganalisis aspek niat dalam perilaku adopsi AI pada bidang bisnis ritel dengan berdasar pada teori TAM, UTAUT, dan TEO Framework, sehingga bagi peneliti yang akan datang dapat menganalisis faktor demografi dalam aspek perilaku yang lain seperti sikap atau kekonsistenan dalam adopsi Ai, menggunakan subyek dari berbagai bidang bisnis, menggunakan perspektif teori seperti teori TPB, DIF dan sebagainya dalam menganalisis faktor kunci pada adopsi AI.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPSB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis (JPSB) is a journal created to bridge researchers, management observers from various circles, lecturers, business people, and researchers. This journal is expected to be a driving force for increasing science, especially in the field of management. ...