Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Product, Place, dan Price terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com pada mahasiswa di Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah melakukan penyewaan indekos di platform Mamikos.com. Metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, dengan teknik sampling ialah purposive sampling. Hasil uji instrumen menyatakan bahwa data dalam penelitian ini terbukti valid dan reliabel. Pada hasil uji Asumsi Klasik dinyatakan bahwa data dalam penelitian ini terdistribusi secara normal dan menghasilkan model regresi yang bebas dari multikolinearitas dan heterokedastisitas. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa : (1) Secara parsial Product berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 4,367 > t-tabel 1,66; (2) Secara parsial Place berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 3,806 > t-tabel 1,66; (3) Secara parsial Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai t-hitung sebesar 2.234 > t-tabel 1,66; (4) Secara simultan Product, Place dan Price berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Menyewa indekos melalui platform Mamikos.com, dibuktikan dengan nilai F-hitung sebesar 79,074 > F-tabel 2,70. Hasil ini membawa implikasi bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji perilaku konsumen secara lebih mendalam pada beragam bisnis jasa penyewaan indekos lainnya atau industri sejenis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam ilmu pengetahuan dan pengembangan strategi pemasaran bagi pemilik indekos ataupun pengelola platform penyedia layanan sewa indekos online untuk lebih memahami preferensi dan kebutuhan mahasiswa sebagai konsumen.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024