Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa sistem manual yang digunakan dalam mengolah data-data pemesanan yang ada di lingkungan PO bus Sedya Mulya dan kendala apa yang dihadapi dalam penerapan sistem manual tersebut. Selain itu penulis berharap para pembaca dapat memahami dalam penggunaan suatu sistem aplikasi khususnya sistem pemesanan tiket bus. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan ini adalah penelitian kualitatif yaitu suatu metode penelitian untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individu maupun kelompok. Selama penelitian penulis menemukan bahwa pada unit kerja PO bus Sedya Mulya tidak memiliki sistem pengolahan data yang terkomputerisasi sehingga dapat membantu pekerjaan para pegawai agar lebih cepat dan efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang paham mengenai sistem informasi. Setelah melakukan penelitian, penulis memberikan kesimpulan bahwa Unit Kerja PO bus Sedya Mulya memerlukan suatu sistem sehingga dapat membantu pekerjaan para pegawainya. Penulis mencoba membuat perancangan sistem aplikasi pelayanan pemesanan tiket bus menggunakan bahasa pemrograman Java yaitu Netbeans IDE 8.2 dan database mysql.
Copyrights © 2023