Kendaraan listrik menjadi produk andalan pemerintah untuk dapat mendukung Presidensi G20 Indonesia berupa transisi energi dengan kampanye penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan dan mengurangi polusi udara. Dari kampanye tersebut apakah menjadikan konsumen pengguna kendaraan berminat untuk menggantikan kendaraan bahan bakar minyak (BBM) ke kendaraan listrik. Penelitian kualitatif ini digunakan dalam metode penelitian ini dimana informannya adalah pengguna kendaraan pribadi yang berada di daerah DKI Jakarta. Dengan menyebarkan kuesioner melalui gform, hasilnya menunjukkan bahwa konsumen sadar adanya kampanye menggunakan kendaraan listrik dimana terlihat dari memahami maksud dari tujuan kampanye tersebut. Namun, dalam peminatan untuk membeli kendaraan listrik masih pertimbangan dikarenakan dari segi kemudahan mendapatkan tempat pengisian power listrik atau penukaran batere, segi keamanan maupun segi ramah lingkungan dalam pembuangan sampah batere yang ada unsur kimia jika sudah tidak berfungsi lagi. Pertimbangan tersebut, konsumen juga tidak sedikit memilih untuk mengambil kendaraan hybrid yang menggunakan dua energi baik listrik maupun BBM agar dapat melakukan perjalanan jauh dengan nyaman jika pom-pom pengisian listrik belum banyak tersebar di perkotaan maupun pendesaan. Kata kunci: kendaraan listrik, kampanye, pembelian, konsumen
Copyrights © 2023