Sulitnya memasarkan hasil produk hingga menurunnya omzet penjualan menjadi salah satu dampak yang dirasakan oleh pelaku UKM di masa setelah pandemi. Senja Herb merupakan salah satu UKM minuman herbal di Surabaya yang didirikan sejak tahun 2020 serta memiliki potensi dan prospek sangat bagus jika terus dikembangkan. Namun saat ini usahanya tergolong stagnan atau belum berkembang secara optimal karena kurangnya strategi serta media pemasaran yang digunakan. Berdasarkan masalah tersebut, dilakukan perancangan media promosi berbasis online sebagai solusi pada UKM Senja Herb. Perancangan ini bertujuan untuk membangun citra produk agar lebih mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat luas serta meningkatkan penjualan. Metode yang dilakukan adalah pelatihan dan perancangan media promosi dengan pendekatan ADDIE (Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation) yang dapat diterapkan secara prosedural. Menggunakan gaya visual modern dan minimalis untuk menjangkau target audiens. Hasil yang diperoleh berupa desain logo baru yang kemudian diimplementasikan pada label kemasan botol sebanyak 4 varian rasa, foto produk untuk Instagram, dan penerapan tagar pada Instagram story sehingga bisa diposting ulang. Dari promosi yang diunggah melalui Instagram, nampak adanya peningkatan penjualan. Dengan pengembangan media ini, diharapkan Senja Herbs bisa mempertahankan sekaligus mengembangankan media promosi untuk keberlangsungan usahanya.
Copyrights © 2024