JREC (Journal of Electrical and Electronics)
Vol 3, No 2 (2015): Journal of Electrical and Electronic

ANALISIS PERANCANGAN SISTEM KOMPLAIN PELANGGAN PADA PT. RAYTEL INDONESIA

Haryono, Haryono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2016

Abstract

Analisis Perancangan Sistem Komplain Pelanggan pada PT. Raytel Indonesia merupakan salah satu upaya untuk meningkatan pelayanan terhadap komplain konsumen menggunakan teknologi informasi. Sering kali pelanggan mengalami masalah sulit untuk mengajukan keluhan dikarenakan sistem pelayanan yang digunakan masih konvesional meskipun sudah ada sistem terkomputerisasi. Tujuan utama dari penulisan ini adalah penulis mencoba memberikan solusi melalui perancangan sistem informasi untuk penanganan keluhan dan komplain pelanggan sehingga diharapkan pelanggan mendapatkan kemudahan untuk mengajukan keluhannya dan penanganan masalah dapat diatasi dengan cepat. Tidak hanya itu, diharapkan sistem yang dirancang ini mempermudah staf/pekerja management office untuk bertindak cepat untuk menangani keluhan dan komplain tersebut sehingga perusahaan pada akhirnya memperoleh loyalitas dari konsumen. Metode yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan berdasarkan referensi dan berbagai diskusi serta berbagai media yang memuat informasi yang dibutuhkan,Kata kunci : Analisis Perancangan system, Komplain, Pelanggan

Copyrights © 2015