Dalam tulisan ini, penulis memaparkan kajian tentang manajemen dakwah bil lisan perspektif hadis. Kajian yang dibahas adalah tentang bagaimana konsep manajemen dakwah lisan didasarkan pada hadis nabi, selain itu penulis bermaksud untuk mendalami keterkaitan tersebut dengan teori para ahli manajemen. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Menurut Mardelis penelitian kepustakaan adalah penelitian yang menggunakan telaah dan kajian kepustakaan atau konsep teoritis. Dilakukan dengan cara menganalisis konsep-konsep, referensi atau sumber yang berkaitan dengan gagasan dan permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Selanjutnya hasil dari telaah tersebut dianalisis, diambil inti sarinya dan dilakukan proses reduksi hasil pengkajian referensi data lalu antara gagasan dan konsep dari referensi itu dikorelasikan. Penelitian ini menyajikan pengertian manajemen dakwah dan macam-macam medianya. Juga dijelaskan tentang konsep manajemen dakwah lisan berupa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini adalah 1. Perencanaan, Rasulullah SAW menganjurkan untuk menyusun strategi dakwah yang materinya tidak sulit dipahami, bisa memberikan kegembiraan dan mengajak umat untuk selalu berada dijalan yang lurus. 2. Implementasi, Nabi berpesan kepada da’I bahwa dakwah harus menghindari kata-kata yang memiliki unsur kebohongan (hoax) ujaran kebencian dan sombong. 3. Evaluasi, Rasulullah menyuruh kita untuk mengevaluasi diri atas apa yang telah dilakukan, dalam hal ini adalah kegiatan berdakwah.
Copyrights © 2023