JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan
Vol 10, No 1 (2024)

Kontekstualisasi Filsafat Eksistensialisme terhadap Praktik Pendidikan di Era Digital

Farahah Kamilatun Nuha (Uin Sunan Kalijaga)
Maemonah Maemonah (Uin Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Permasalahan era modern ini perlu diakomodasi oleh pendidikan, dan filsafat dapat menjadi alat analisisnya. Filsafat adalah inti, pedoman, dan sumber dari pendidikan. Filsafat Eksistensialisme merupakan filsafat pendidikan yang menekankan kepada otonomi peserta didik sebagai subjek. Pandangan-pandangan dari eksistensialisme tersebut dapat mengakomodasi bagaimana permasalahan eksistensi di era digital dan bagaimana pendidikan menangkap sinyalemen tersebut dengan memperbaharui praktik-praktik pendidikan yang sesuai dengan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkontekstualisasi filsafat eksistensialisme pada praktik pendidikan di era digital. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan analisis generik yang konklusinya ditarik secara umum dalam mengidentifikasi makna dari suatu konsep. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pandangan-pandangan dari filsafat eksistensialisme yang mendasari interaksi dalam pendidikan di era digital dewasa kini. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi pedoman dalam praksis-praksis pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

yaqhzan

Publisher

Subject

Religion Humanities

Description

Jurnal Yaqzhan adalah jurnal ilmiah yang fokus dalam publikasi hasil penelitian dalam kajian filsafat, agama dan kemanusiaan. Jurnal ini terbit secara berkala dua kali dalam setahun pada bulan januari dan juli. Jurnal Yaqzhan terbuka umum bagi peneliti, praktisi, dan pemerhati kajian filsafat, agama ...