Tujuan dari penelitian ini untuk menerapkan keterampilan 4C (Creative Thinking, Critical Thinking, Collaboration & Communication) dalam pembelajaran Contextual Oral Language Skills. Contextual Oral Language Skills merupakan satu materi pembelajaran yg menggabungan dua skills yaitu Listening dan Speaking. Keterampilan 4C sangat diperlukan pada abad ke -21 sebagai persiapan mendatang dalam menghadapi persaingan dunia pekerjaan yang semakin ketat. Hal tersebut dikarenakan perkembangan teknologi semakin pesat. Sehingga perlu ada keterampilan yang dimiliki yaitu keterampilan kompetensi 4C. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif. Metode ini memberikan data berupa data verbal. Instrument yang digunakan yaitu observation sheet dan kuesioner untuk memperoleh data dan mencari keterangan secara factual atau mendapatkan kebenaran. Observation sheet berisikan capaian indikator dalam proses pembelajaran contextual oral language skills dengan menerapkan Keterampilan 4C. Kuisioner dibuat untuk memperoleh informasi kendala dalam pembelajaran menggunakan Keterampilan 4C. Hasil penelitian menunjukkan penerapan keterampilan 4C dalam pembelajaran Contextual Oral Language Skills telah dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat berdasarkan capaian indikator capaian keberhasilan setiap keterampilan 4C menunjukkan rata-rata mahasiswa sangat kompeten disetiap keterampilan. Akan tetapi terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan keterampilan yaitu beberapa mahasiswa masih merasa yang masih kurang mampu mengaitkan permasalahan dengan konsep ilmu pengetahuan diluar mata kuliah dan pada saat berbicara menggunakan Bahasa Inggris.
Copyrights © 2023