Jurnal Pendidikan Bahasa
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Bahasa

Analisis Perbandingan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Antara Siswa Pria dan Wanita di Kelas 9 SMP

Prima Senja Sis Ha Abadi (Magister Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura)
Venny Karolina (Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)
Haratua Tiur Maria (Magister Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP. Metode yang digunakan adalah uji Mann-Whitney U Test terhadap data nilai ulangan harian siswa. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar antara kedua kelompok, dengan nilai Mann-Whitney U Statistik sebesar 146.5 (p < 0.05). Siswa wanita memiliki rata-rata nilai yang lebih tinggi (56.25) dibandingkan siswa pria (49.33), meskipun kedua kelompok masih di bawah KKM yang ditetapkan. Simpulan utama dari penelitian ini adalah adanya perbedaan signifikan dalam prestasi belajar Bahasa Inggris antara siswa pria dan wanita di kelas 9 SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bahasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini memuat artikel tentang hasil penelitian dan kajian mengenai Pendidikan Bahasa atau serumpunnya yang terbit setiap Juni dan ...