Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs)
Vol 4 No 2 (2023): J-Kis: Jurnal Komunikasi Islam Desember 2023

Anime Sebagai Komunikasi Dalam Membentuk Perilaku Interkasi Sosial

M. Alfin Fatikh (Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto)
Irfan Ramadhani (Universitas KH Abdul Chalim Mojokerto)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2023

Abstract

Pentingnya hiburan dan budaya populer Jepang, terutama anime dalam membentuk interaksi sosial para penggemar (otaku) di Indonesia. Terutama dalam konteks budaya populer yang dinilai seharusnya hanya ditujukan kepada anak-anak. Meskipun budaya ini awalnya dianggap aneh dan kurang dimengerti, komunitas-komunitas seperti Japan Matsuri Surabaya muncul sebagai tempat bagi otaku untuk berinteraksi dan menjadi tempat di mana otaku dapat berinteraksi tanpa takut akan stigma dan merasakan kenyamanan dalam lingkungan sebaya. Metode pendekatan kualitatif dan teori interaksionisme simbolik sebagai pisau analisis. Anime memiliki peran yang signifikan dalam membentuk perilaku interaksi sosial di kalangan otaku dalam komunitas tersebut. Penggunaan simbol-simbol dalam anime, seperti cosplay, karakter anime, dan elemen lainnya, memberikan pondasi bagi bentuk-bentuk interaksi sosial yang dalam dan bermakna dalam kelompok ini. Anime juga berperan sebagai media komunikasi yang kuat dalam membentuk perilaku interaksi sosial di kalangan otaku dalam Komunitas Japan Matsuri Surabaya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

j-kis

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Komunikasi Islam (J-KIs) merupakan jurnal unggulan Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAI Pangeran diponegoro Nganjuk. J-KIs berisi artikel hasil penelitian empiris & analisis-reflektif bagi para praktisi dan akademisi baik di bidang komunikasi ...