Akuntoteknologi : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Teknologi
Vol. 16 No. 1 (2024): AKUNTOTEKNOLOGI : JURNAL ILMIAH AKUNTANSI DAN TEKNOLOGI

A PENGARUH SALES GROWTH, KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CSR PADA PERUSAHAAN PERKEBUNAN SUB SEKTOR KELAPA SAWIT YANG TERDAFTAR DI BEI

Satriawibowo, Nur Wahyu (Unknown)
Sandari, Tries Ellia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales growth, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs web perusahaan dan situs web IDX. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kriteria tertentu yang menghasilkan 10 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan SPSS versi 27 dengan melakukan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi lalu diuji dengan uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan saham publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibilityPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sales growth, profitabilitas, dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan perkebunan kelapa sawit di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen. Data diperoleh dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari situs web perusahaan dan situs web IDX. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling menggunakan kriteria tertentu yang menghasilkan 10 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data menggunakan SPSS versi 27 dengan melakukan uji asumsi klasik dengan uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokolerasi lalu diuji dengan uji regresi linear berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas tidak berpengaruh dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility, dan kepemilikan saham publik berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

akunto

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Akuntotenologi dikembangkan dengan tujuan menampung karya ilmiah Dosen dan Mahasiswa, baik hasil tulisan ilmiah maupun penelitian yang berupa hasil studi kepustakaan. Diharapkan dengan adanya jurnal ini akan menambah khasanah pengetahuan dan tukar informasi ilmiah, khususnya karya ilmiah dan ...