Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni

PENGGUNAAN APLIKASI TODAI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TAMBAHAN TERHADAP HASIL UJIAN JAPANESE LANGUAGE PROFICIENCY TEST NOKEN

Gerin El Grace Wotulo (Fakultas bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado)
Jusuf D. Ondang (Universitas Negeri Manado)
Orestis Soidi (Universitas Negeri Manado)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan aplikasi TODAI sebagai media dalam proses pembelajaran terhadap hasil ujian JLPT (Japanese Language Proficiency Test) NOKEN. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini, di mana pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan pertanyaan berbentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dideskripsikan secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan aplikasi TODAI sebagai sarana persiapan menghadapi ujian JLPT. Alasan utamanya adalah karena fitur soal latihan JLPT pada aplikasi TODAI yang sangat mirip dengan format ujian JLPT itu sendiri. Beberapa responden juga memilih aplikasi ini atas rekomendasi dari teman atau karena kemudahan akses serta fitur menarik yang tersedia. Secara keseluruhan, motivasi pengguna aplikasi TODAI bervariasi, mencakup keberagaman fitur latihan soal, rekomendasi dari orang lain, hingga kemudahan akses dan fitur yang memudahkan. Temuan ini menunjukkan bahwa aplikasi TODAI mampu memenuhi berbagai kebutuhan dan harapan penggunanya dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian JLPT.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kompetensi

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in ...