Journal of Research on Business and Tourism
Vol. 4 No. 1 (2024): Journal of Research on Business and Tourism

Analisis Pengaruh Visual Appeal dan Portability terhadap Urge to Buy Impulsively

Chynthia Noura Elysha (Universitas Diponegoro)
Kardison Lumban Batu (Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengaruh daya tarik visual (visual appeal) dan portabilitas (portability) terhadap perilaku dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively) dalam pembelian produk start-up skincare Somethinc melalui platform e-commerce Shopee di Kota Semarang. Melibatkan 248 responden, penelitian menggunakan kuesioner daring dan luring sebagai instrumen pengumpulan data. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan struktural dengan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil analisis Confirmatory Factor Analysis (CFA) menunjukkan bahwa daya tarik visual (visual appeal) memiliki hubungan yang signifikan dengan penelurusan hedonis (hedonic browsing), tetapi portabilitas (portability) tidak memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran hedonis (hedonic browsing). Namun, portabilitas (portability) memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran utilitarian (utilitarian browsing), sedangkan daya tarik visual (visual appeal) tidak memiliki hubungan signifikan terhadap penelusuran utilitarian (utilitarian browsing). Penelusuran hedonis (hedonic browsing) ditunjukkan positif dan signifikan memengaruhi dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively), sementara penelusuran utilitarian (utilitarian browsing) memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap dorongan pembelian impulsif (urge to buy impulsively). Temuan ini memberikan kontribusi penting untuk pemahaman faktor-faktor yang memengaruhi perilaku belanja impulsif dalam konteks pembelian produk skincare melalui platform Shopee. Implikasi dari penelitian ini dapat membantu pelaku bisnis e-commerce, terutama start-up skincare, dalam merancang strategi yang lebih efektif terkait daya tarik visual (visual appeal) dan portabilitas (portability) untuk meningkatkan pengalaman belanja konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrbt

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Journal of Research on Business and Tourism (JRBT) publishes papers of an empirical or conceptual and literature reviews of a cross disciplinary. JRBT provides a platform for academics, business professionals, researchers, and professional concerns on both theoretical and practical issues. Focus and ...