Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial
Vol 5, No 1 (2024): Februari 2024

Perancangan Strategi Pemasaran pada Kemitraan Teh Krampol Menggunakan Metode SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM)

Faradila Permatasari (Universitas Telkom)
Tiara Verita Yastica (Universitas Telkom)
Meldi Rendra (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Teh Krampol merupakan salah satu usaha yang memasarkan minuman berbahan baku teh yang dikembangkan secara kemitraan. Kemitraan Teh Krampol mengalami permasalahan berupa penjualannya yang tidak stabil yang menyebabkan tidak tercapainya target penjualan setiap bulannya. Terdapat data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perolehan data penjualan selama tahun 2022 hingga 2023 yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan rancangan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan kebutuhan pasar pada Kemitraan Teh Krampol. Pada penelitian ini, digunakan metode Analisis SWOT dan Matriks QSPM yang akan menghasilkan perancangan strategi yang dimulai dari matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan matriks QSPM. Alternatif strategi yang diperoleh dan telah divalidasi Pemilik Kemitraan Teh krampol yaitu aktif mengunggah iklan dan konten promosi produk pada media sosial minimal 5 kali dalam 1 minggu agar dapat meningkatkan brand awareness dan memperluas pangsa pasar dengan total Attractiveness Score sebesar 6,830.Kata kunci: Kemitraan Teh Krampol, Strategi Pemasaran, SWOT, Metode QSPM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JAISS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial merupakan jurnal ilmiah untuk bidang Sosial yang diterbitkan setiap bulan Februari dan Agustus. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial dikelola LPPM Universitas Al Azhar Indonesia sejak tahun 2020. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Sosial mempublikasikan artikel ...