Perilaku konsumtif adalah perilaku konsumsiberlebihan yang tidak berdasarkan pada pertimbanganyang rasional, melainkan karena adanya keinginan yang sudah mencapai taraf yang sudah tidak rasional lagi. Hal tersebut melatar belakangi penelitian ini. Untukmengetahui apakah terdapat perilaku konsumtif pada mahasiswa universitas Riau. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah deskriptif dan kuantitatif, dengan sumber data penelitian berasal dari data primer dan sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah100 orang dengan teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik propotional stratified random sampling. Metode analisis penelitian ini adalah analisisregresi linear berganda dan dengan melalui uji validitasserta uji reliabilitas. Dalam penelitian ini hasil yang diperoleh bahwa flash sale (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif (Y), affiliate marketing (X2) berpengaruh positif dan signifikanterhadap perilaku konsumtif (Y), dan flash sale (X1) dan affiliate marketing (X2) berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap perilaku konsumtif (Y) pada marketplace Shopee studi pada mahasiswa universitas Riau
Copyrights © 2024