Perkembangan ritel modern di Indonesia didorong oleh perilaku konsumen. Penggabungan strategi pemasaran yang tepat dapat menarik pelanggan sejak pertama kali memasuki toko hingga mereka melakukan pembelian. Tampilan dan suasana toko sangat penting bagi bisnis ritel untuk menarik pelanggan. Salah satu usaha ritel modern yang ada di Pekanbaru dan melayani masyarakat adalah Jumbo Mart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atmosfer toko dan visual merchandising terhadap perilaku pembelian impulsif pelanggan Jumbo Mart. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket yang dianalisis secara kuantitatif dengan alat bantu SPSS versi 25. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari pelanggan Jumbo Mart di Delima Kota Pekanbaru. Analisis regresi linier sederhana dan berganda digunakan, dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa visual merchandising (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap impulse buying (Y), store atmosphere (X2) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap impulse buying (Y) serta visual merchandising (X1) dan store atmosphere (X2) berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap impulse buying (Y) pada gerai ritel Jumbo Mart Delima Kota Pekanbaru.
Copyrights © 2024