ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal)
Vol. 10 No. 1 (2024): ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal)-Juni 2024

Pengaruh Visual Merchandising Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Jumbo Mart Delima Kota Pekanbaru)

Yudinda Salza Aprilia (Unknown)
Mandataris (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Perkembangan ritel modern di Indonesia didorong oleh perilaku konsumen. Penggabungan strategi pemasaran yang tepat dapat menarik pelanggan sejak pertama kali memasuki toko hingga mereka melakukan pembelian. Tampilan dan suasana toko sangat penting bagi bisnis ritel untuk menarik pelanggan. Salah satu usaha ritel modern yang ada di Pekanbaru dan melayani masyarakat adalah Jumbo Mart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atmosfer toko dan visual merchandising terhadap perilaku pembelian impulsif pelanggan Jumbo Mart. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau angket yang dianalisis secara kuantitatif dengan alat bantu SPSS versi 25. Sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari pelanggan Jumbo Mart di Delima Kota Pekanbaru. Analisis regresi linier sederhana dan berganda digunakan, dengan uji F (simultan) dan uji t (parsial). Dari analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil penelitian bahwa visual merchandising (X1) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap impulse buying (Y), store atmosphere (X2) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap impulse buying (Y) serta visual merchandising (X1) dan store atmosphere (X2) berpengaruh secara signifikan dan simultan terhadap impulse buying (Y) pada gerai ritel Jumbo Mart Delima Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

atrabis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

ATRABIS - Jurnal Administrasi Bisnis yang dikterbitkan oleh Program Studi Administrasi Bisnis berisi kajian hasil penelitian dosen-dosen di Program Studi tersebut. Kajian penelitian yang disusun menjadi sumber pengembangan pengetahuan khususnya di Program Studi Administrasi ...