Jurnal Ilmu Komunikasi Progressio
Vol 4, No 2 (2023): September

STUDI AKULTURASI ANTARA BUDAYA CHINA, JAWA DAN ISLAM DI PECINAN SEMARANG-LASEM

Mirza Azkia Muhammad Adiba (Sekolah Tinggi Agam Islam Mulia Astuti)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2023

Abstract

Akulturasi antar budaya yang terjadi di Indonesia seolah menjadi hal biasa mengingat Indonesia sendiri adalah negara yang multikultural. Sejarah panjang di Indonesia pada zaman dahulu membawa kedatangan arus imigran yang berasal dari mancanegara. Ditambah lagi wilayah Indonesia yang strategis, mendorong para imigran tersebut untuk menetap dan berinteraksi dengan masyarakat pribumi. Kajian dalam karya tulis ini akan difokuskan pada sejarah dan akulturasi antara budaya China, Jawa dan Islam dengan objek kajian di wilayah pecinan Semarang dan Lasem. Secara historis, kedua tempat itu sama-sama didatangi oleh Laksamana Cheng Ho yang mana beberapa awak kapalnya kemudian memutuskan untuk tinggal disana. Begitupun juga pada masa geger pecinan, Semarang dan Lasem menjadi rujukan utama bagi orang pecinan Batavia yang kabur atau mengungsi akibat kerusuhan tersebut. Lalu, pada masa imperium islam, Jawa tengah sempat menjadi pusat kerajaan Demak sehingga membuat mayoritas penduduknya beragama Islam. Oleh karena itu muncullah bentuk-bentuk akulturasi di pecinan semarang seperti pementasan wayang di kelenteng Siu Hok Bio, adanya kelenteng Sam Poo Kong, Batik Semarang, dan kue lumpia. Sedangkan di pecinan Lasem, bentuk-bentuk akulturasinya meliputi batik Lasem, masjid dengan model atap China, perayaan kenduri oleh masyarakat Tinghoa, dan adanya salah satu pesantren yang menuliskan aksara China pada pintu utamanya. Semua bentuk akulturasi tersebut tidak lain adalah adanya perpaduan dari budaya China, Jawa dan Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

progressio

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

- Manajemen Komunikasi - Media Literasi - Cyber Media - Komunikasi dan Gender - Semiotika - Komunikasi Pemasaran - Komunikasi Organisasi - Komunikasi Sosial dan ...