Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 3, No 3 (2024): September

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Kabupaten Jeneponto

Israni Israni (Universitas Negeri Makassar)
Andi Cudai Nur (Universitas Negeri Makassar)
Muh Nasrullah (Universitas Negeri Makassar)
Muh Darwis (Universitas Negeri Makassar)
Sri Ayu Nuramalia Kaharuddin (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Dharma Jeneponto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, kusioner dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling dengan Teknik Sampling Insidental. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan SPSS versi 22 yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas terhadap instrument penelitian serta teknik analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yaitu indikator tampilan fisik, empati, daya tanggap, keandalan, dan kepastian berada pada kategori baik. Sedangkan variabel kepuasan pelanggan yaitu indikator kinerja dan harapan juga berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil koefisien determinan, diperoleh  nilai sebesar 0,530 atau dapat diartikan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Y) sebesar 53,0 persen. Artinya sebanyak 53,0 persen variabel kualitas pelayanan dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan sedangkan sisanya 47,0 persen dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan., Kepuasan Pelanggan, PDAM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jab

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis bertujuan untuk mempertajam ide bisnis dengan bidang keilmuan administrasi bisnis, ekonomi, manajemen, kewirausahaan, pemasaran dan pengembangan sumber daya ...