Berdasarkan hasil observasi pembelajaran, ditemukan beberapa siswa masih kebingungan saat mengubah soal cerita ke dalam bentuk simbol matematika dan tidak fokus dalam pembelajaran saat dilakukan observasi di kelas. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X PPLG 2 SMK Negeri 7 Semarang. Instrumen yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan observasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Pada siklus 1 ketuntasan klasikal siswa mencapai 64%, sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikal siswa mencapai 86%. Selisih ketuntasan klasikal sebesar 22%. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model discovery learning berbasis soal cerita.
Copyrights © 2024