Bandung Conference Series: Communication Management
Vol. 4 No. 2 (2024): Bandung Conference Series: Communication Management

Korelasi antara Penggunaan Media Sosial Instagram @Infomrraya dengan Pemenuhan Informasi Warga

Silmi Khoirunnisa (Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)
Neni Yulianita (Prodi Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Abstract. The advancement of the internet, especially through Instagram, has changed the way people get information. Instagram has become an important source of information, including the popular @Infomrraya account in Margahayu Raya, Bandung City. This account provides various information about current events and things around the Margahayu Raya neighborhood. This study measures the relationship between the use of Instagram social media @Infomrraya and the fulfillment of information for Margahayu Raya residents. By using the positivism paradigm and correlational study approach, data analysis was conducted through spearman rank correlation. The results showed a strong, significant, positive, and unidirectional relationship with a correlation value of 0.742 between the use of @Infomrraya and the fulfillment of citizen information. Abstrak. Kemajuan internet, khususnya melalui Instagram, telah mengubah cara manusia mendapatkan informasi. Instagram menjadi sumber informasi penting, termasuk akun @Infomrraya yang populer di Margahayu Raya, Kota Bandung. Akun ini menyediakan berbagai informasi tentang kejadian terkini dan hal-hal di sekitar lingkungan Margahayu Raya. Penelitian ini mengukur hubungan antara penggunaan media sosial Instagram @Infomrraya dengan pemenuhan informasi warga Margahayu Raya. Dengan menggunakan paradigma positivisme dan pendekatan studi korelasional, analisis data dilakukan melalui korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan hubungan kuat, signifikan, positif, dan searah dengan nilai korelasi 0.742 antara penggunaan @Infomrraya dan pemenuhan informasi warga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

BCSCM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bandung Conference Series: Communication Management (BCSCM) menerbitkan artikel penelitian akademik tentang kajian teoritis dan terapan serta berfokus pada Manajemen Komunikasi dengan ruang lingkup diantaranya adalah Awareness, Brand equity, Brand Image, Connecting Community Building, Content ...