Jasa ekspedisi adalah layanan yang ditawarkan oleh suatu perusahaan untuk mengurus pengiriman barang dalam jumlah besar maupun kecil ke tujuan tertentu. Dalam memilih sebuah jasa ekspedisi, konsumen dapat menggunakan sistem pendukung keputusan (SPK) untuk membantu dalam mengambil keputusan. Salah satunya yaitu metode Multi Criteria Decision Making (MCDM). Metode MCDM dikembangkan untuk membantu pengambil keputusan dalam melakukan pengambilan keputusan terhadap beberapa alternatif keputusan agar mendapatkan suatu keputusan yang akurat dan optimal. Pada penelitian ini, metode MCDM yang digunakan yaitu metode fuzzy COPRAS intuisionistik. Metode fuzzy COPRAS intuisionistik merupakan gabungan antara metode COPRAS dan fuzzy intuisionistik. Penelitian ini menggunakan metode fuzzy COPRAS intuisionistik untuk pemilihan jasa ekspedisi favorit. Alternatif jasa ekspedisi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu J&T, JNE, SiCepat, Ninja Express, dan Pos Indonesia. Sedangkan kriteria yang digunakan yaitu keamanan pengiriman, ketepatan waktu pengiriman, tarif kirim, sistem pelacak (tracking), attitude kurir, responsivitas, banyaknya cabang (droppoint), jangkauan, sistem penjemputan barang (pick up). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui nilai bobot pada setiap kriteria dan mengetahui hasil pengurutan berdasarkan metode fuzzy COPRAS intuisionistik. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuisioner di platform Gform oleh 30 responden. Menurut penilaian responden terkait tingkat kepentingan kriteria, diperoleh bahwa kriteria tarif kirim merupakan kriteria yang paling penting ketika memilih jasa ekspedisi. Bobot yang dihasilkan dari kriteria tarif kirim sebesar 0.99999999999130. Sedangkan untuk hasil pemeringkatan alternatif jasa ekspedisi dengan menggunakan metode fuzzy COPRAS intuisionistik di dapatkan hasil bahwa J&T menempati peringkat pertamadengan nilai utilitas sebesar 1.Kata Kunci: Alternatif, Fuzzy COPRAS Intuisionistik, Jasa Ekspedisi, Kriteria, MCDM
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024