Ekono Insentif
Vol 18 No 1 (2024): Ekono Insentif

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HALAL UMKM DI DKI JAKARTA

Sabina Umayka (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)
Sufyati H.S (Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penduduk muslim terbanyak di dunia yaitu negara Indonesia, namun hal tersebut belum bisa membuat Indonesia menjadi produsen produk halal terbesar. Adapun salah satu masalah yang dihadapi di Indonesia yaitu kurangnya pemahaman pelaku UMKM tentang pentingnya label halal, serta sebagian konsumen muslim masih kurang memperhatikan pentingnya mengetahui bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan produk yang dijual di pasaran. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh dari label halal, promosi, dan pembayaran digital terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada produk halal UMKM di DKI Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, dengan sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data penyebaran kuesioner kepada responden masyarakat muslim di DKI Jakarta. Analisis data dengan menggunakan PLS dengan aplikasi SmartPLS, dengan pengujian data menggunakan inner dan outer model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel label halal, promosi, dan pembayaran digital mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen muslim dalam penjualan produk halal UMKM di DKI Jakarta.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalekono

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Ekono Insentif adalah wadah informasi bidang Ilmu Ekonomi berupa hasil penelitian yang diterbitkan oleh LLDIKTI Wilayah IV dan frekuensi terbit dua kali ...