Jurnal EK dan BI
Vol 7 No 1 (2024)

PENGARUH ATRIBUT PRODUK ISLAMI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BSI KCP-SAMATIGA

Teuku Afzal Livandi (Program Studi Ekonomi Manajemen, STIMI Meulaboh)
Sri Hartati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

BSI KCP Samatiga merupakan bank syariah yang masih berkembang dari segi kualitas produk maupun dari segi layanannya. Berdasarkan informasi yang didapatkan peneliti dari hasil observasi lapangan, masih banyak keluhan dari nasabah yang merasa kurang puas dengan layanan yang diberikan oleh Bank BSI terutama dalam hal atribut produk islami maupun pelayanannya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh atribut produk islami dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah Bank BSI KCP Samatiga. Penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan metode analisis regresi linear berganda. Variabel yang digunakan adalah atribut produk islami (X1), kualitas layanan (X2), dan kepuasan nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan atribut produk islami berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,014 lebih kecil dari 0,05. 2. Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Dan 3. Atribut produk islami dan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan nasabah dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EK&BI merupakan jurnal yang dimaksudkan sebagai media terbitan kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai isu Ilmu - ilmu ekonomi dan bisnis dan lain-lain yang terkait. Artikel ilmiah dimaksud berupa kajian teori (theoritical review) dan kajian empiris dari ...