Latar Belakang: Puskesmas yang sebagai ujung tombak dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 perlu melakukan upaya pencegahan dan penularan infeksi. Tujuan: Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan pelayanan pasien berupa kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti langsung terhadap mutu pelayanan keperawatan selama masa pandemi COVID-19. Metode Penelitian: Jenis penelitian yang digunakan adalah cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat jalan yang datang berobat yaitu sebanyak 1681 orang, sampel berjumlah 95 orang dan metode samping yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan analisis bivariat pada taraf kepercayaan 95% (a = 0,05). Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan kehandalan memiliki nilai ρ=0,000<α=0,05, hubungan daya tanggap memiliki nilai ρ=0,002<α=0,05, hubungan jaminan memiliki nilai ρ=0,007<α=0,05, hubungan empati memiliki nilai ρ=0,001<α=0,05, hubungan bukti langsung memiliki nilai ρ=0,000<α=0,05 terhadap mutu pelayanan keperawatan selama masa pandemi COVID-19. Kesimpulan: Kesimpulan menunjukkan bahwa ada hubungan pelayanan pasien terhadap mutu pelayanan keperawatan selama masa pandemi COVID-19 di Puskesmas Meo-Meo
Copyrights © 2023