Pada saat ini, persaingan dalam dunia bisnis tumbuh sangat pesat dan kompetitif. Terlebih lagi usaha di bidang kuliner di Indonesia. Kota Madiun juga mendapat julukan sebagai Kota Gadis, yaitu merupakan singkatan dari perdagangan dan industri. Hal tersebut dikarenakan banyaknya perdagangan dan industri di kota ini salah satunya roti bluder. Persaingan usaha roti juga terdapat di Madiun. Keanekaragaman Bluder yang ada di Madiun membuat konsumen lebih memilih dalam mengambil keputusan saat menentukan merek yang menurut konsumen mempunyai rasa yang pas. Kompetisi pasar tersebut akan terus berlanjut karena sejumlah merek baru terus bermunculan dengan berbagai macam variasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap brand image roti Bluder Cokro. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas roti Bluder lebih enak, lembut dan aromanya wangi dibandingkan merek bluder yang lainnya. Kemasan Bluder Cokro sangat menarik dan sederhana, serta banyak variasi dalam temanya. Persepsi nilai, meski pernah mencoba produk Bluder yang lain, mereka tetap akan membeli Bluder Cokro, sebab bluder yang lain mempunyai rasa yang berbeda, tidak seenak Bluder Cokro. Dari segi logo dan media promosi Bluder Cokro sederhana dan mudah diingat. Media promosi yang digunakan adalah baliho Bluder Cokro di sekitar jalanan di Kota Madiun. Persepsi harga mengeluhkan kenaikan harga Bluder Cokro, tapi menurut konsumen juga jika kenaikan diimbangi dengan kualitas dan rasa yang sebanding, hal itu tidak akan menjadi masalah bagi mereka
Copyrights © 2023