Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dan peserta didik yang diberi tes formatif tak terkoreksi pada peserta didik Kelas V SD Negeri Se-Wilayah I Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SD Negeri Se-Wilayah I Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Sampel dalam penelitian ini adalah dua sekolah yang dipilih secara acak yaitu SDN 250 Bulu dan SDN 107 Allimbangeng. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multivariat Analisis Varians (MANOVA) satu jalur dengan taraf signifikansi α 0.05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dan peserta didik yang diberi tes formatif tak terkoreksi pada peserta didik Kelas V SD Negeri Se-Wilayah I Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.. Terdapat perbedaan motivasi belajar IPS antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dan peserta didik yang diberi tes formatif tak terkoreksi pada peserta didik Kelas V SD Negeri Se-Wilayah I Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara peserta didik yang diberi tes formatif terkoreksi dan peserta didik yang diberi tes formatif tak terkoreksi pada peserta didik Kelas V SD Negeri Se-Wilayah I Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng.
Copyrights © 2015