Finesta
Vol 3, No 2 (2015)

Pengaruh Faktor Sosio-Demografi, Motif Menabung dan Financial Literacy Terhadap Permintaan Asuransi Jiwa

Dwi, Rachellika (Unknown)
Malelak, Mariana Ing (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2015

Abstract

Abstrak— Kebutuhan akan asuransi jiwa semakin penting karena asuransi dapat memberikan proteksi secara finansial dalam tata kehidupan rumah tangga untuk menghadapi risiko kematian dini yang berakibat pada hilangnya sumber penghasilan. Permintaan akan asuransi jiwa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya sosiodemografi (pendidikan, status pernikahan, jumlah tanggungan dan pendapatan), motif menabung (Precautionary, life cycle, bequest, wealth accumulation) dan financial literacy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi permintaan asuransi jiwa di Surabaya. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang pemilik polis asuransi di Surabaya. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah partial least square (PLS). Hasil analisis ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan status pernikahan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan asuransi jiwa di Surabaya, Sedangkan jumlah tanggungan, pendapatan, motif menabung dan financial literacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap permintaan asuransi jiwa di Surabaya

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

manajemen-keuangan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FINESTA contains the Academic Paper created by Student of Finance Program, Petra Christian ...