Journal of Information Technology Ampera
Vol. 4 No. 3 (2023): Journal of Information Technology Ampera

Analisis Sentimen Persepsi Publik Terhadap Kasus Bullying Siswa Cilacap Menggunakan Pendekatan Machine Learning

Muhammad Alfarizi (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Muhammad Rizqy (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Rifqi Imam Ghufroni (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Dzaki Fathurahman (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Rahmat Dani Saputra (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)
Fandi Kurniawan (Universitas Muhammadiyah Kotabumi)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2023

Abstract

Analisis sentimen jadi pendekatan yang berarti dalam memahami anggapan dan opini masyarakat terhadap suatu peristiwa, sangat utama kala mengaitkan aksi kekerasan semacam bullying. Kasus bullying siswa SMP di Cilacap, Jawa Tengah, pada bulan September 2023 jadi sorotan publik dan menarik atensi melalui media sosial, sangat utama di platform YouTube. Studi ini dicoba dengan tujuan utama mempraktikkan algoritma klasifikasi Naive Bayes dalam melakukan analisis sentimen terhadap komentar di media sosial terpaut kasus bullying. Tata metode studi mengaitkan crawling data, pra- pemrosesan mengenakan RapidMiner, konsumsi TF- IDF buat representasi dokumen, dan implementasi Naive Bayes Classifier. Hasil analisis sentimen menunjukkan tingkatan akurasi sebesar 98. 19%, dengan kemampuan yang besar dalam mengklasifikasikan komentar sebagai positif, negatif, maupun netral. Meski demikian, evaluasi mengenakan confusion matrix berkata sebagian kasus negatif yang teridentifikasi tidak benar. Kesimpulan dari studi ini dapat memberikan pengetahuan berharga tentang tata cara masyarakat merespons dan berpendapat terhadap aksi bullying di zona sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

journal-ita

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information Technology Ampera (Journal-ITA) is an online journal that organized and managed independently by the consortium of informatics lecturers. Journal-ITA is an open-access journal that is provided for researchers, lecturers, and students who will publish research results in the ...