Pengelolaan kelas merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalianyang tujuannya untuk membuat proses pembelajaran di kelas dapat berjalan dengan baik dan tujuanpembelajaran dapat tercapai. Pengelolaan kelas menjadi salah satu komponen penting dalam manajemenpendidikan, karena di dalam kelas siswa akan banyak melakukan aktivitas pembelajaran yang terkait dengansarana prasarana, kurikulum ataupun pembelajarannya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui faktor faktoryang mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatifdengan teknik perolehan data melalui wawancara dengan guru kelas VI SDN 017 Lipat Kain Selatan. Hasildari penelitian ini yaitu faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan kelas secara garis besarterbagi dua, faktor lingkungan dan faktor sosio-emosional. Selain itu kedua faktor tersebut, peran aktif siswadan guru sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan pengelolaan kelas dengan cara berperan aktif di kelas.Keberhasilan pengelolaan kelas turut berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa serta kemampuan untukmencapai prestasi belajar karena kelas yang terkelola dengan baik akan mengasilkan suatu kesatuan ataulingkungan yang baik bagi proses pembelajaran yang dilaksanakan
Copyrights © 2024