Di era revolusioner ini, ekonomi digital ialah proyeksi keterampilan baru yang meningkatkan daya saing. Saat ini perekonomian digital global, termasuk Indonesia, berkembang pesat dan jumlah pengguna Internet semakin meningkat. Pada awal tahun 2021, terdapat 204,7 juta pengguna internet di Indonesia, meningkat 8 juta dibandingkan Januari 2020. Asosiasi E-Commerce Indonesia menyatakan bahwa dunia usaha harus berinovasi untuk beradaptasi dengan pola konsumsi baru, dimulai dari model jual beli tradisional. . Toko E-Liudu Asosiasi E-Commerce menemukan banyak usaha kecil, menengah dan mikro yang terdaftar di berbagai negara. pasar akan menaik menjadi 5,8 juta pada Maret 2021. Di sekitar rumah. Hingga akhir tahun 2020, jumlah tersebut meningkat menjadi 4,8 juta. Namun, semakin jelas bahwa digitalisasi yang terus berlanjut tidak hanya menguntungkan pelaku ekonomi yang bisa sejahtera berkat kemajuan teknologi, namun juga menciptakan kesenjangan bagi mereka yang tidak bisa mengimbanginya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dan merupakan hasil pemikiran peneliti. Untuk jenis data ini digunakan data sekunder melalui metode kualitatif. Manfaat digitalisasi dalam pembangunan ekonomi Indonesia antara lain peningkatan pangsa pasar, kemudahan transaksi, peningkatan produksi, penyederhanaan pembayaran, dan diversifikasi kampanye.
Copyrights © 2023