Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 1, No 1 (2016): Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis

PEMBERIAN INSENTIF KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA KONSUMEN PADA PT. SAMUDERA PERIKANAN KENDARI

Yusdar, Yusdar (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2016

Abstract

Pemberian Insentif Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kepada Konsumen pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Kinerja karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari sudah menunjukkan peningkatan ke arah yang lebih baik, tetapi hal ini tidak diikuti oleh pemberian insentif yang memadai kepada karyawan sehingga menyebabkan pelayanan karyawan menjadi kurang berkualitas. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian terkait pemberian insentif dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemberian insentif kepada karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari dan bagaimana kualitas pelayanan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberian insentif kepada karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari dan kualitas pelayanan kepada konsumen pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT. Samudera Perikanan Kendari yaitu berjumlah 60 karyawan tetap. Penarikan sampel menggunakan teknik Total Sampling dengan populasi dijadikan sampel yaitu 58 dan 2 orang dijadikan informan penelitian yaitu General Manajer dan Executive Manajer pada PT. Samudera Perikanan Kendari serta 2 orang pelanggan pada PT. Samudera Perikanan Kendari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari dimensi insentif material, bonus diberikan dengan baik kepada karyawan tetapi dimensi pemberian komisi masih perlu ditingkatkan lagi. Kemudian insentif non material berupa pujian baik secara lisan dan tulisan masih perlu ditingkatkan lagi. Kualitas pelayanan kepada konsumen ditunjukkan dengan kemampuan memberikan pelayanan yang cepat kepada konsumen, siap dalam memberikan pelayanan, bersikap ramah dalam memberikan pelayanan, tempat kerja yang memadai, serta keadaan sarana dan prasarana dalam keadaan baik. Walaupun sebagian masih terdapat kekurangan yaitu kehandalan karyawan dalam mengerjakan pekerjaan sesuai yang diperintahkan masih dalam kategori cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian insentif kepada karyawan PT. Samudera Perikanan Kendari belum terlaksanan secara maksimal sehingga akan mempengaruhi kualitas pelayanan kepada konsumen. Kata kunci: Pemberian Insentif; Kualitas Pelayanan; PT. Samudera Perikanan Kendari.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BUSSINESUHO

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis is organized by Laboratorium Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo, Kendari, Indonesia. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis focused on studies on bussines finansial, marketing, and human resources. ...