Juminten : Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi
Vol. 1 No. 6 (2020): Juminten: Jurnal Manajemen Industri dan Teknologi

Strategi Layanan Distribusi dengan Pendekatan Physical Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT pada Pelanggan PT XYZ

Mochammad Zakie Rachmadiansyah (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)
Didi Samanhudi (Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

PT. XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan distirbusi. PT. XYZ merupakan distributor solar industri. Permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah adanya keluhan mengenai keterlambatan pendistribusian serta belum maksimalnya strategi yang diterapkan oleh perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi digunakanlah metode Physi-cal Distribution Service Quality (PDSQ) dan SWOT. Metode PDSQ digunakan untuk mengukur tingkatan kepuasan pelanggan sedangka SWOT digunakan untuk merumuskan strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Hasil pengolahan data didapatkan nilai Indeks Kepuasan Pelanggan sebesar 1,02 menyatakan bahwa pelanggan sangat puas akan pelayanan distribusi yang diberikan oleh perusahaan. Dari hasil analisa SWOT didapatkan strategi ST (Strength dan Threats) yang berisikan mempertahankan harga, mengambil keuntungan yang kecil saat harga minyak tinggi, memperluas jaringan perusahaan,dan lebih sering melakukan kunjungan kepada pelanggan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juminten

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Management Industry and Technology , National University of Veterans Development, East Java is a journal that effectively bridges the gap between academics, policy makers, and practitioners and connects various Industrial Engineering and Management communities. While the focus of the ...