Keracunan makanan banyak dijumpai pada anak-anak yang disebabkan oleh perilaku ingin tahu dan bereksplorasi terhadap lingkungan dan ini menyebabkan kegawatdaruratan dan berdampak pada kematian. Pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan sangat dibutuhkan oleh siswa agar dapat melakukan pertolongan pertama pada keracunan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pengetahuan tentang pertolongan pertama keracunan antara lain: usia, jenis kelamin, sumber informasi dan pengalaman dalam menangani keracunan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan bantuan pengetahuan pertama keracunan pada anak usia sekolah. Desain penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 89 yang memenuhi kriteria inklusi, alat ukur menggunakan kuesioner dan dianalisis secara univariat dengan mencari distribusi frekuensi dan bivariat dengan menggunakan uji person chi square . Hasil penelitian ini diperoleh Tidak ada hubungan usia dengan pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.167). Tidak ada hubungan jenis kelamin dengan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.051). Tidak ada hubungan sumber informasi dengan pengetahuan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.065). Tidak ada hubungan pengalaman dengan pertolongan pertama pada keracunan ( P-value = 0.055). Disarankan kepada siswa agar lebih aktif lagi untuk mencari sumber informasi tentang keracunan yang nantinya akan berdampak pada pertolongan pertama pada keracunan.
Copyrights © 2023