Dunia bisnis yang sedang berkembang pesat di Indonesia memiliki banyak jenis kuliner, salah satunya adalah cafe. Banyaknya pebisnis dalam bidang ini bisa dikatakan persaingan bisnis juga semakin ketat. Hal ini dapat dilihat dari persaingan cafe yang semakin ketat dikarenakan cafe sudah menjadi lifestyle bagi kebanyakan orang dijaman sekarang, dengan menyediakan tempat dengan desain interior yang menarik serta menawarkan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Serta menyediakan berbagai macam konsep seperti alunan musik jazz dan sejarah tentang pembuatan kopi yang menarik minat beli pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat kepuasan pelanggan pada Langkah Kopi Balikpapan dengan responden yang diteliti sebanyak 311 orang. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan penyebaran kuesioner melalui google form. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui pengaruh hubungan antar variabel bebas dengan variabel terikatnya adalah analisis linier berganda dengan melakukan uji instrumen, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis parsial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan seperti bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Langkah Kopi Balikpapan.
Copyrights © 2023