Jurnal GeoEkonomi
Vol. 15 No. 1.2024 (2024): EDISI KHUSUS SEMNAS FEB-UNIBA 2024

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DETERJEN DIVVA CLEAN BALIKPAPAN

Ronald Setyowibowo (Universitas Balikpapan)
Matyani Matyani (Universitas Balikpapan)
Erick Salim Lim (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini mempunyai beberapa tujuan, pertama untuk mengetahui variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kedua untuk mengetahui apakah variabel produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada deterjen Divva Clean, ketiga untuk mengetahui apakah variabel harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, keempat untuk mengetahui apakah variabel lokasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean, kelima untuk mengetahui apakah variabel promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian deterjen Divva Clean,. Sampel ditentukan dengan rumus slovin, sebanyak 98 responden. Alat analisis yang digunakan regresi linier berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hipotesis pertama terbukti bahwa variabel produk, harga, lokasi dan promosi secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kedua terbukti bahwa variabel produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis ketiga terbukti bahwa variabel harga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis keempat terbukti bahwa variabel lokasi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hipotesis kelima terbukti bahwa variabel promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Kata kunci: Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

geoekonomi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal GeoEkonomi, terbitan ini berisi artikel ilmiah bidang Ekonomi yang diterbitkan secara berkala 6 bulanan (dua kali dalam satu tahun pada bulan Maret dan September). Terbit versi cetak kali pertama pada Bulan Maret 2010 (ISSN Print: ...