Dilakukan kajian evaluasi pengembangnan layanan perpustakaan riset bagi sivitas BRIN yang bertjuan untuk (1) Mengetahui profil sivitas BRIN yang menggunakan layanan perpustakaan, (2) Mengetahui jenis layanan perpustakaan yang sudah dimanfaatkan oleh sivita, (3) Mengetahui kebutuhan jenis layanan perpustakaan yang akan dimanfaatkan sivitas BRIN, (4) Mengetahui media yang paling banyak digunakan oleh sivitas BRIN dalam meminta layanan perpustakaan, (5) Mengetahui kendala/hambatan selama proses pemberian layanan perpustakaan. Penelitian menggunakan metode deskriptif untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan sesuatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan degan metode survei dengan menggunakan kuesioner elektronik dalam bentuk google form yang dikirim kepada periset dan sivitas BRIN lainnya. Hasil kuesioner yang terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil evalusi menunjkkan bahwa profil pemakai layanan perpustakaan BRIN yang terbanyak adalah laki-laki dengan pendidikan master (S2), jabatan peneliti dan lokasi kerja Jakarta. Jenis layanan yang paling banyak dimanfaatkan adalah layanan penelusuran informasi, literasi informasi dan layanan literatur review. Kebutuhan layanan yang akan dimanfaatkan yang paling banyak adalah layanan pengecekan plagiarisme kemudian diikuti layanan literature, layanan pemeriksaan tatabahasa. Media yang paling banyak digunakan untuk meminta layanan adalah menghubungi pengelola perpustakaan melalui whatsApp, kemudian diikuti oleh media layanan kawasan intra BRIN, melalui email dan datang langsung ke perpustakaan. Dalam proses pemberian layanan kepada sivitas BRIN sebagian besar mengatakan tidak ada kendala/hambatan
Copyrights © 2023