Menghafal Al-Qurâan bukanlah sesuatu yang mudah tetapi bukan pula suatu hal yang tidak mungkin, sebab pada zaman Nabi telah banyak orang yang menghafal Al-Qurâan. Di sekolah-sekolah formal, mengenalkan al-Qurâan pada anak didik, mengajarinya membaca, dan menghafal menjadi tanggung jawab guru. Oleh karena itu, untuk dapat memenuhi tugasnya sebagai seorang guru dalam memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk menghafal, maka guru tentunya harus melakukan berbagai upaya atau usaha sebab keberhasilan seorang peserta didik dalam menghafal tergantung dari usaha-usaha yang dilakukan guru. SMP Islam Terpadu Abu Hurairah mempunyai program tahfiz yang dijadikan sebagai program unggulan yang mencetak para hafidz dan hafidzah yang dibimbing langsung oleh guru-guru tahfiz yang memiliki kompetensi dalam menghafal Al-Qurâan tentunya dengan berbagai metode dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas hafalan tersebut. Tulisan ini mengupas tiga hal, yaitu: a) bagaimanakah upaya guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal Al-Qurâan? b) apa saja problematika yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan siswa menghafal Al-Qurâan? dan c) apa saja solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika siswa dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qurâan?
Copyrights © 2013